Mylittlememento's Blog

Phobia2: Don’t be Surprised If You Are Addicted to “FEAR”

Posted on: November 3, 2009

phobia2 (1) Di tahun 2006, muncul sebuah film Thailand berjudul Three. Judulnya singkat dan menggambarkan maksud dari film itu sendiri, yaitu 3 cerita pendek yang digabung menjadi satu film panjang (Memories, The Wheel, dan Going Home). Tahun 2008, tradisi membuat film horor pendek yang digabung menjadi satu film utuh kembali dilakukan Thailand dengan judul 4bia (Happiness, Tit for Tat. In The Middle, dan The Last Flight). Nah, di tahun 2009 ini rumah produksi GTH (GMM Tai Hub) kembali mengeluarkan film dengan konsep yang sama berjudul Phobia2.

Berbeda dengan Three dan 4bia, film ini terdiri dari lima cerita pendek yang sama sekali tidak memiliki kesinambungan satu sama lain alias berdiri sendiri2. Cerita pendek tersebut adalah Novice (biksu yang berusaha melakukan penebusan dosa), Ward (seorang cowok yang harus tinggal satu kamar dengan pasien yang sekarat), Backpackers (2 turis Jepang berhadapan dengan zombie), Salvage (tempat penampungan mobil yang dikutuk), dan In The End (pembuatan film yang harus terus berlanjut APAPUN yang terjadi). Masing-masing kisah tersebut memiliki kadar horor dan ketegangan yang mampu membuat para penonton menahan napas sepanjang film atau malah terkaget-kaget di kursi mereka.

Kalau yang udah pernah nonton 4bia, mungkin sudah bisa menebak bagaimana akhir masing-masing kisahnya. Eh, nggak cuma 4bia aja sih. Yang udah sering nonton horor deh, pasti tau banget gimana akhir ceritanya. Yup! semua tokohnya dikisahkan mati. What a typical horror movies. Taaaaapi, di Phobia2 ini kalian akan menemukan twist yang benar2 akan bikin kita memaki, “Monyong! Gue kira ********************** (sensor karena takut spoiler)!” karena itulah yang gue rasakan ketika nonton di Blitz (sombong sedikit boleh dong biarpun tiketnya gratisan. Hahahaha).

Kelima cerita dalam Phobia2 ini benar-benar dibuat dengan tensi tinggi dari awal sehingga penonton sama sekali tidak diberi kesempatan bernapas (apalagi pada saat adegan pengejaran zombie di cerita ke3. Damn, zombie Thailand ternyata larinya lebih cepet daripada zombie barat!). Kalau untuk masalah hantu sih, kecuali di cerita terakhir, sama sekali tidak bisa dibilang menyeramkan. Yang ada sih efek suara dan kemunculan mereka yang bikin kita kaget. Jadi, bagi yang penakut nggak haram kok nonton Phobia2 karena hantunya nggak akan bikin kita kebayang-bayang sampai takut buat pipis malam2. Tapi, sekadar saran nih, yang nggak kuat lihat kekerasan siap2 tutup mata sedikit di beberapa adegan ya. Oh ya, judul note ini gue ambil dari tagline yang tertulis di official website Phobia2 dan menurut gue sih tepat banget.

Sempat terlintas dalam benak gue, mungkinkah Indonesia bisa bikin film seperti ini? Jawabannya: bisa dan PERNAH. Kalau ada yang pernah datang ke INAFF (Indonesia Fantastic Film Festival) tahun lalu, pasti ingat sama film berjudul Takut (Faces of Fear). Film ini bisa dibilang mengambil formula ala 4bia dan Phobia2, yaitu 6 cerita pendek yang dibuat menjadi satu film utuh dengan artis dan sutradara yang berbeda di tiap ceritanya. Kalau gue lihat dari trailernya sih, ketegangannya sedikit mirip sama 4bia sih.

Sebagai penutup, gue cuma mau bilang bahwa gue salut sama Blitz. Bagi yang pernah nonton di sana, sadar nggak kalau di dalam studio, handphone kita nggak ada sinyal? Entah di studio yang lain, tapi waktu kemarin gue nonton Phobia2 di studio 10, gue dan teman gue nggak dapat sinyal satu bar pun. Begitu keluar, baru sinyal penuh lagi. Menurut gue, itu pemikiran yang BRILIAN. Berapa kali sih kita terganggu dengan keberisikan oknum2 nggak bertanggung jawab yang ngobrol di telepon dengan suara keras? Gue harap, semua bioskop Indonesia bisa menerapkan sistem itu.

Enjoy…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

a lover, an adventurer, a freelancer, a life fighter, and a noodle maker

Follow Mylittlememento's Blog on WordPress.com

they see my blog

  • 46,242 orang

Goodreads

Calendar

November 2009
M T W T F S S
« May   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: