Mylittlememento's Blog

Yotsuba&!

Posted on: November 11, 2009

6309-yotsuba_super Pencinta komik pasti tahu siapa anak kecil lucu pada gambar di samping. Nggak?? Wah, ketinggalan zaman kalau begitu. Perkenalkan, namanya adalah Yotsuba Koiwai. Umur 5 tahun. Kesukaan, bermain bersama kakak-kakak sebelah rumah, menggambar, makan es krim, bermain bersama Jumbo. Musuh besar: Yanda.

Kalau ada yang pernah membaca manga Azumanga Daioh, pasti akan berpikir bahwa tokoh Yotsuba hampir mirip dengan tokoh Chiyo (si anak SD jenius yang lompat kelas ke SMA). Memang sekilas terdapat kemiripan dari wajah dan kuncirnya, tapi warna rambut mereka berbeda. Begitu juga dengan jumlah kuncir di kepala. Sesuai dengan namanya, Yotsuba = 4 leaf clover, Yotsuba memiliki 4 kuncir di kepalanya. Pengarang dua kisah ini pun sama, yaitu Kiyohiko Azuma.
20844-yotsuba_large
Dalam delapan komik Yotsubato! (Yotsuba&!) yang sudah beredar, terdapat bermacam-macam kisah dalam kehidupan sehari-hari Yotsuba. Bisa dibilang kisah ini sangat sederhana, tapi digambarkan secara menarik dari kacamata seorang Yotsuba yang polos, selalu ingin tahu, dan lugu. Ia tinggal bersama dengan ayah angkatnya dan memiliki banyak teman seperti Jumbo, Ena, Asagi, Fuuka, bahkan musuh, yaitu Yanda.
Kehidupan sehari-hari Yotsuba seru lho! Ada kunjungan pertama kali ke peternakan, menjadi pengantar susu sapi, membeli sepeda, menjadi gadis pemberi bunga, pergi memancing, membuat kue, ke pekan kebudayaan sekolah Fuuka, bahkan sampai bermain hujan-hujanan. Jangan heran kalau komik ini menjadi favorit semua umur karena ceritanya yang ringan dan mengundang tawa pembacanya melihat kepolosan Yotsuba.
5bmedium5d5banimepaper5ib4
Melalui komik Yotsuba&! ini, Kiyohiko Azuma mendapat berbagai macam penghargaan. Antara lain di Japan Media Arts Festival, Eisner Award (Best Publication for Kids), Osamu Tezuka Award (nominasi), dan Manga Taisho Award (runner up). Selain itu, manga ini berhasil meraih penghargaan sebagai “Best Selling Manga” untuk tahun 2007 dan 2008. Volume 8 yang terbit pada tahun 2008 sudah terjual lebih dari 450.000 kopi sampai sekarang.

Yotsuba juga pernah dimunculkan dalam format artbook. Menggambarkan Yotsuba sedang bermain dengan aneka binatang berwarna hitam-putih. Selain itu, terdapat pula musik instrumental yang mendeskripsikan momen-momen dalam kehidupan Yotsuba. Tidak hanya itu, Yotsuba juga mengeluarkan dua album musik dengan tema yang berbeda. Tema pertama adalah Yotsuba dan hari, sementara tema yang kedua adalah Yotsuba dan musim dingin (Natal, Jack Frost, dan Tahun Baru). Sayangnya, pada tanggal 5 Desember 2008, Kiyohiko Azuma mengkonfirmasi bahwa kisah dan alur cerita Yotsuba kurang cocok jika diangkat dalam bentuk anime. Padahal, gue yakin penggemar Yotsuba pasti pengen tahu bagaimana kalau Yotsuba disuarakan.
yotsuba4
Sementara itu, nikmati aja dulu komik Yotsuba dan siap-siaplah tertawa melihat kepolosan anak kecil berambut hijau dan berkuncir empat ini.

Cheers…

Eh, jangan lupa isi pollingnya ya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

a lover, an adventurer, a freelancer, a life fighter, and a noodle maker

Follow Mylittlememento's Blog on WordPress.com

they see my blog

  • 46,239 orang

Goodreads

Calendar

November 2009
M T W T F S S
« May   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: