Mylittlememento's Blog

(Bali Part II) Garuda Wisnu Kencana: Proyek Ambisius itu Masih 1/5 Jalan

Posted on: December 13, 2010

Hari kedua, saya dan teman pergi ke tiga tempat yang kebetulan searah: Garuda Wisnu Kencana (GWK), Dreamland, dan Uluwatu. Dari tiga tempat tersebut, saya paling suka dengan GWK. Suasananya tenang dan damai. Tiupan angin yang sepoi-sepoi bikin saya ngantuk dan pantat saya tidak mau beranjak dari lantai berumput yang ada di sekitar patung dada Dewa Wisnu tersebut.

Dari salah seorang penjaga tempat itu, Bapak I Made Dwija (sumpah, orang ini ramah, baik, dan sopan. Dia selalu senyum dan logatnya pun khas Bali). saya diceritakan banyak hal tentang GWK. Proyek ambisius ini ternyata baru selesai 20% atau 1/5 dari keseluruhan patung. Rencananya, tinggi akhir patung ini (digabung dengan garuda) akan setinggi 150 meter dengan pembagian 75 meter tinggi patung dan 75 meter tinggi gedung yang menopangnya. Di dalam gedung ini nanti akan dibangun hotel, restauran, toko suvenir, dan lain-lain. Konon kabarnya, patung ini akan mengalahkan patung Liberty dan Jalesveva Jayamahe. Jadi, bisa dibayangkan dong setinggi apa nanti? Saat ini, yang baru selesai adalah tubuh bagian atas Dewa Wisnu, kepala garuda, dan tangan Dewa Wisnu. Untuk bagian-bagian lainnya masih menunggu bantuan dana. Mudah-mudahan, proyek ini tidak hanya berhenti hanya di 20% saja.

Selain tiga patung tersebut (badan Wisnu, kepala Garuda, dan tangan Wisnu), terdapat sebuah lapangan yang luar biasa luas dan besar. Lapangan ini dibatasi oleh dinding batu yang menjulang tinggi di kiri-kanannya. Menurut penjelasan Bapak Dwija, lapangan ini sering digunakan untuk acara-acara outdoor yang menarik massa banyak, seperti konser musik. Rencananya, pada masing-masing sisi tebing, akan diukir relief dari kisah-kisah wayang, seperti Ramayana.

Untuk menarik pengunjung, pengelola GWK kelihatannya punya strategi yang cukup menarik. Tiket masuk yang cukup mahal (@Rp25.000) dibayar dengan keindahan alam GWK yang asri, tenang, dan alami. Dari dekat patung GWK, kita bisa melihat ke arah Tanjung Benoa bahkan sampai ke landasan Bandara Ngurah Rai yang menjorok ke laut. Mau yang lebih lagi? Terdapat pertunjukan Barong gratis di aula. Kalau sabar, pada pukul 18.00, kita bisa menonton pertunjukan Tari Kecak. Belum lagi ditambah dengan karikatur gambar wajah kita, temporary tattoo, dan nail painting. Semuanya tidak dipungut biaya alias gratis…tis…tis!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

a lover, an adventurer, a freelancer, a life fighter, and a noodle maker

Follow Mylittlememento's Blog on WordPress.com

they see my blog

  • 46,048 orang

Goodreads

Calendar

December 2010
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: