Mylittlememento's Blog

Sepi-Tenang-Damai ala Sendangsono

Posted on: December 20, 2010

Ketika nonton 3 Hari untuk Selamanya, saya langsung jatuh cinta dengan satu tempat yang jadi latar di salah satu adegan. Sendangsono. Dari filmnya saja, saya sudah bisa merasakan aura suci, sakral, dan damai. Bagaimana kalau saya bisa melihatnya secara langsung? Sejak itu, saya tanya kiri-kanan dan browsing untuk mencari tahu tentang tempat ini.

Akhirnya saya tahu beberapa info dasar tentang Sendangsono. Sendangsono merupakan sebuah kompleks ziarah yang terdiri dari pemakaman, gereja, Gua Maria, dan tempat air baptis pertama. Nama Sendangsono berasal dari kata ‘sendang’ yang artinya mata air, sementara ‘sono’ merupakan pohon yang menaungi mata air tersebut. Jadi, singkatnya Sendangsono berarti ‘mata air yang berada di bawah pohon sono’. Patung Maria yang ada di dalam ceruk dipersembahkan oleh Ratu Spanyol yang diangkat beramai-ramai dari Desa Sontolo. Umumnya, para peziarah datang sekitar bulan Mei dan Oktober. Selain berdoa, mereka juga mengambil air dari sumber-sumber yang ada. Air ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

Pada hari Minggu (5 Desember 2010), saya akhirnya menjejakkan kaki ke tempat ini. Suasana yang saya rasakan sama seperti yang saya bayangkan. Sepi, tenang, dan damai. Bukan tipe sepi-tenang-damai yang bikin orang mengantuk seperti di masjid atau mushola, tapi tipe sepi-tenang-damai yang menambah kekhusyukan umat kristiani berdoa.

Di depan Gua Maria yang dinaungi pepohonan besar, orang-orang datang untuk berdoa. Setelah menyalakan lilin, mereka akan memejamkan mata sambil memegang buku doa dan rosario. Mulut mereka akan berkomat-kamit merapal doa. Saya dan teman saya yang ingin memotret bahkan ragu untuk sejenak.

Satu misi saya selesai: datang ke Sendangsono. Selanjutnya ke mana ya? 🙂

2 Responses to "Sepi-Tenang-Damai ala Sendangsono"

tempat yang bagus, arsitekturnya keren. senang bisa mengunjungi nya. salamsuper dhan..

Yes, me too. Salamsuper juga, yan. Hahaha…

Leave a Reply

a lover, an adventurer, a freelancer, a life fighter, and a noodle maker

Follow Mylittlememento's Blog on WordPress.com

they see my blog

  • 46,242 orang

Goodreads

Calendar

December 2010
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
