Mylittlememento's Blog

(Once Again) Meet This Famous Detective!

Posted on: February 18, 2011

Coba tebak, siapakah tokoh detektif paling terkenal di dunia yang gemar menghisap pipa dan piawai memainkan biola? Ya, pencinta kisah-kisah detektif sudah bisa dipastikan tahu jawaban pertanyaan di atas. Dialah Sherlock Holmes, detektif termasyhur yang tinggal di alamat 221B Baker Street, London. Jadi, apakah review ini akan mengulang review sebelumnya mengenai film Sherlock Holmes yang disutradarai Guy Ritchie dan dibintangi Robert Downey Jr. dan Jude Law? Definitely not. Meskipun mengangkat tokoh yang sama, serial televisi ini akan menyorot detektif ini dari sudut pandang dan zaman yang berbeda. Judulnya? Singkat. Sherlock.

Mini seri keluaran BBC ini dibagi menjadi dua bagian. Per bagiannya terdiri dari tiga episode sepanjang 90 menit. Jadi, total mini seri ini adalah enam episode. Tiga episode awal sudah tayang pada tahun 2010, sementara sisanya akan tayang pada akhir 2011.

Bagian pertama ini dibuka dengan episode berjudul Study in Pink. Di episode ini, kita diajak untuk melihat perkenalan awal Sherlock Holmes dengan partner abadinya, John Watson. Holmes dan Watson harus memecahkan beberapa kasus bunuh diri yang ternyata berhubungan. Semua korban meminum pil berisi racun dan mati karenanya. Untuk pertama kalinya, Holmes mendengar satu nama yang akan menjadi musuh besarnya sepanjang masa: Moriarty. Episode ini merupakan gabungan dari dua kasus Holmes, A Study in Scarlet dan The Sign of Four.

Bagian kedua berjudul The Blind Banker. Di episode ini, Holmes harus membantu temannya yang bekerja di bank untuk memecahkan kode aneh yang ditinggalkan seseorang pada tengah malam. Kasus yang dikira mudah ini ternyata membawa Holmes dan Watson ke sebuah perkumpulan pembunuh asal Cina yang tidak segan-segan menghabisi siapapun yang menghalangi misi mereka. Sama seperti Study in Pink, episode ini juga merupakan modifikasi dari dua kasus Holmes yang terkenal, yaitu The Valley of Fear dan The Dancing Men.

Bagian terakhir berjudul The Great Game. Holmes dan Watson harus menghadapi teror bom yang melingkupi London. Mengerikannya adalah si pelaku menggunakan orang-orang tidak berdosa untuk menghubungi Holmes melalui telepon. Tantangannya adalah Holmes harus memecahkan kasus-kasus yang ada dalam waktu yang telah ditentukan untuk mencegah si pelaku meledakkan bom. Di episode inilah Holmes akhirnya bertemu muka dengan Moriarty, dalang dunia hitam London. Berbeda dengan dua episode di atas, episode ini mengambil unsur-unsur dari empat kasus Holmes: A Study in Scarlet, The Adventure of the Bruce-Partington Plans, The Five Orange Pips, Greenwich Pips, dan The Final Problem.

Untuk mini seri ini, BBC memutuskan untuk menggunakan aktor muda Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock Holmes. Sebelumnya, ia pernah bermain di Atonement dan The Other Boleyn Girl serta beberapa produksi teater di Inggris. Sebagai John Watson dipilih Martin Freeman yang pernah bermain di Love Actually dan kabarnya akan memegang peran utama dalam The Hobbit sebagai Bilbo Bagins. Selain dua tokoh sentral tersebut, masih ada Una Stubbs yang menjadi Mrs. Hudson, pemilik flat yang ditinggali Holmes dan Watson.

BBC rupanya ingin mengadakan penyegaran dengan tokoh detektif yang sudah dikenal berpuluh-puluh tahun ini. Sama seperti Guy Ritchie, BBC menginterpretasikan sosok Holmes sesuai dengan kondisi zaman sekarang. Peralatan teknologi yang digunakan Holmes lebih maju dibandingkan setting novelnya. Holmes with Blackberry and laptop? Hanya ada di mini seri ini. Sosok Holmes juga dibuat lebih sinis dengan komentar-komentarnya yang bisa dibilang kejam. Ia tidak segan-segan menyuruh polisi yang dibencinya untuk enyah hanya karena Holmes tidak dapat berkonsentrasi ketika polisi itu ada. Selain itu, kebiasaan Holmes yang menggunakan heroin ketika sedang tidak menyelidiki suatu kasus digantikan dengan nicotine patch untuk mencegah kontroversi bila kebiasaan ini tetap diangkat ke layar televisi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

a lover, an adventurer, a freelancer, a life fighter, and a noodle maker

Follow Mylittlememento's Blog on WordPress.com

they see my blog

  • 46,047 orang

Goodreads

Calendar

February 2011
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  
%d bloggers like this: