Mylittlememento's Blog

I’m Gonna Have a Baby When I’m Ready

Posted on: May 19, 2011

Banyak orang yang menikah dan punya anak karena beberapa hal berikut:
1. Itu hal yang natural. Menikah = untuk menghasilkan keturunan
2. Tekanan dari lingkungan. Pasangan yang baru menikah akan dicibir seandainya mereka bilang “mau di-pending dulu.” Untuk apa? Lalu, pasangan tersebut (umumnya) akan ditakut-takuti dengan jam biologis yang terus berdetak atau ungkapan bahwa anak itu adalah rejeki yang tidak boleh ditolak.
3. Banyak anak, banyak rejeki. Believe it or not, masih ada sebagian besar orang yang menganggap bahwa hal ini benar.

Intinya, punya anak itu sama seperti kita melakukan keputusan yang lain (menikah, bekerja, masuk sekolah, kuliah, dsb.), yaitu kesiapan. Bukan masalah lingkungan, bukan pula masalah tekanan jam biologis, atau anak itu rejeki Tuhan. Lingkungan boleh menyamakan kondisi mereka dengan kita, tapi mereka sama sekali tidak tahu kondisi kita yang sebenarnya. Bagaimanapun juga rumah tangga masing-masing orang itu berbeda.

Lalu, bagaimana kalau ternyata kita memang tidak mau punya anak? Itu bukan dosa, bukan pula aib. Siapa yang berhak untuk menghakimi kita? No one. Just look around us. Masih banyak anak-anak di panti asuhan yang butuh perhatian dari kita. Tapi, mereka kan bukan darah daging kita sendiri? Bukan masalah darah atau daging, tapi masalah pendidikan yang kita ajarkan kepada mereka.

Jadi, meskipun saya tidak suka anak kecil/bayi, bukan berarti saya tidak terpikir untuk punya mereka kan? Saya mungkin akan punya, tapi HANYA ketika saya sudah siap. Saya siap menjadi ibu yang baik untuk mereka, saya siap jadi teman yang baik, saya siap mendukung dia sepenuhnya meskipun itu berarti harus berseberangan dengan keinginan saya. Dan, yang pasti, saya tidak akan pernah melepaskan pekerjaan saya. Egois memang, tapi menurut saya, jadi seorang Ibu itu bukan masalah merelakan kehidupan kita untuk keluarga (suami dan anak), tapi bagaimana membagi dengan seimbang antara kehidupan saya sebagai individu, saya sebagai istri, dan saya sebagai ibu.

Percayalah, pada saat saya menikah nanti dan bilang kalau saya belum mau punya anak, saya pasti akan dicibir, bahkan mungkin dicaci. Tapi, the hell I care? It’s my life and my marriage.

Leave a Reply

a lover, an adventurer, a freelancer, a life fighter, and a noodle maker

Follow Mylittlememento's Blog on WordPress.com

they see my blog

  • 46,242 orang

Goodreads

Calendar

May 2011
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
