Mylittlememento's Blog

(#30 Hari Menulis) People May Not (Always) Like Us

Posted on: October 5, 2011

Kemarin, nama saya habis dicaci-maki dan dijelek-jelekkan di salah satu fan page majalah film di Facebook. Si penjelek (mari kita sebut dia ini saja daripada menyebut merek) bilang bahwa tulisan saya jelek, kenapa rubrik yang saya pegang banyak, kenapa saya seakan-akan terlihat menguasai seluruh majalah (hanya dengan rubrik yang 1 halaman itu? gosh, that’s awesome if it’s true), and so on. Intinya, dia benar-benar menumpahkan kekesalannya kepada saya di halaman Facebook itu. Tapi, ya itu, karena cara menumpahkannya tidak baik dan benar (karena bahasanya kasar) makanya orang-orang ‘dengan senang hati’ segera menghujat dan menghina dia.

Sedih? iya. Sakit hati? (untungnya) nggak. Tapi, kejadian ini seakan mengingatkan saya bahwa nggak semua orang suka dengan tulisan saya. Ya iyalah, dibandingkan dengan empat orang yang disebutkan oleh penjelek itu, saya masih jauuuuuh di bawah mereka. I’m still a newbie who’s still have a lot to learn. Tapi, saya berusaha melihat itu sebagai masukan yang berarti bahwa mungkin tulisan saya masih kurang enak dibaca atau pengetahuan saya kurang. Jadi, saya diharuskan belajar banyak dari kejadian yang saya alami ini.

Namun, bukan berarti saya jadi nggak pede dan bermuram durja terus akibat ‘serangan’ itu. Dan, bukan berarti saya jadi menulis dengan hati-hati atau meniru gaya para Raja Langit itu. Nggak. Saya akan tetap dengan gaya sendiri yang akan saya betulkan sedikit demi sedikit. Toh, Stephenie Meyer yang sudah terkenal sangat ke seluruh dunia itu tetap punya ‘penggemar’ yang dengan setia menghujat karyanya. Tapi, dia cuek aja tuh dan tetap menulis.

Seperti yang saya tulis di status kemarin: saya harus belajar menerima kritik yang paling pedas sekalipun karena nggak semua orang bisa menyampaikan kritik dengan enak, halus, baik, dan benar.

Leave a Reply

a lover, an adventurer, a freelancer, a life fighter, and a noodle maker

Follow Mylittlememento's Blog on WordPress.com

they see my blog

  • 46,047 orang

Goodreads

Calendar

October 2011
M T W T F S S
« Aug   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
