Mylittlememento's Blog

(#30 Hari Menulis) Just Write Anything That Cross Your Mind

Posted on: October 6, 2011

Kebanyakan dari orang yang sering ngobrol sama saya (atau istilah kerennya ‘konsultasi’) bilang kalau menulis itu susah, ide nggak pernah ada, begitu udah mulai bingung gimana mau nyelesaiinnya, males buat ngelanjutin, and so on, and so on. Memang sih, setiap orang itu punya pikiran yang berbeda-beda. Ada yang dari hal-hal kecil bisa dijadikan tulisan, tapi ada juga yang harus nunggu petir menyambar dulu baru dapat ilham.

Anyway, saya cuma mau menyampaikan beberapa cara yang sering saya gunakan kalau lagi pengen nulis, tapi nggak tahu mau nulis apa. Kok bisa? Ya bisalah. Biasanya perasaan pengen nulis itu muncul ketika membuka laptop, tapi ketika layar udah nyala, saya cuma bengong. Nggak tahu mau nulis apa.

Pertama, saya selalu memperhatikan hal-hal kecil di sekeliling saya. Orang, kejadian, atau bahkan hal-hal simple yang saya lakukan seperti makan, minum, bernapas, atau berjalan. Dari hal-hal sederhana itu, saya bisa bikin tulisan yang saya kembangkan dan saya tambah sendiri. Mungkin, bukan cerpen atau novel ya, tapi lebih kayak catatan untuk diri sendiri aja.

Kedua, musik. Saya adalah tipe orang yang terkadang mendengarkan musik untuk membangun mood. Kalau lagi suka sama satu lagu, bisa saya ulang terus-terusan sampai pada akhirnya saya bosan sendiri dan mematikan musik. Tapi, itu ngaruh kok. Feel musiknya yang masih ketinggalan membantu saya untuk nulis.

Ketiga, jangan berhenti ketika ide sedang mengalir dengan deras. Segila apapun itu, sesinting apapun itu, dan sebodoh apapun itu, terusin aja nulisnya. Mau nanti ceritanya melantur ke mana-mana, nggak masalah. Toh, akan ada yang namanya ‘pengeditan’. Tapi, kalau lagi mengalir idenya, jangan pernah berhenti untuk mengedit. Karena, begitu sudah berhenti, kita pasti tergoda untuk membaca ulang dan akhirnya menghapus apa yang sudah kita tulis.

Beberapa tips di atas itu saya dapat waktu saya kuliah dari dosen saya. Dan, saya masih ingat sampai sekarang karena memang tipsnya benar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

a lover, an adventurer, a freelancer, a life fighter, and a noodle maker

Follow Mylittlememento's Blog on WordPress.com

they see my blog

  • 46,239 orang

Goodreads

Calendar

October 2011
M T W T F S S
« Aug   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d bloggers like this: