Mylittlememento's Blog

(#30 Hari Menulis) I (Don’t Care If People) Hate Twilight

Posted on: October 14, 2011

Banyak yang nggak suka dengan saga ini. Saya sendiri meskipun baca buku sampai habis dan nonton filmnya, tapi ya so so lah. Suka banget nggak, benci banget juga nggak. Saya berusaha menempatkan posisi di tengah-tengah. Kenapa saya suka sama Twilight dan kenapa saya bisa nggak suka sama Twilight.

Makanya, saya heran sama orang-orang yang menghina habis-habisan karangan Stephenie Meyer ini. Memang sih, itu hak mereka untuk mencaci-maki, membenci, atau bahkan menghina habis-habisan. Sebagai manusia, memang paling mudah mencaci hasil karya orang lain. Tapi, coba mereka disuruh membuat karya yang menyamai kepopuleran (populer tidak selalu bagus) Twilight Saga. Apa mereka bisa menghasilkan buku yang mampu terjual jutaan kopi di seluruh dunia?

Fenomena Twilight sama seperti fenomena band-band Melayu atau boyband/girlband copycat Korea/Jepang. Banyak yang suka, tapi banyak pula yang benci. Terkadang, mulut saya bisa pedas kalau lagi nggak suka. Tapi, saya selalu berusaha sadar dengan bilang ‘hei, kenapa saya jadi harus menghina selera orang? itu kan hak mereka. Sama seperti saya yang suka lagu-lagu Jepang, nonton drama Jepang, nggak suka The Beatles, menganggap Coldplay biasa aja, cinta mati sama Owl City, dst…dst…’

Saya pernah marah karena selera musik saya (yang lebih suka lagu-lagu Jepang daripada RnB) dihina dan diremehkan sama salah seorang teman. Bahkan, waktu saya ditanya saya suka The Beatles atau nggak dan saya jawab dengan nggak, dia malah ‘nyerang’ saya. “Ih, kok lo aneh sih? Masa nggak suka The Beatles?” So??? Bukan berarti karena dia adalah band dunia yang legendaris terus saya harus ikut-ikutan suka kan? Saya tahu beberapa lagu, tapi hanya sebatas mendengarkan. Kalau ada Owl City, saya pasti lebih pilih dia dibanding The Beatles.

Kembali ke Twilight, itu adalah hak orang untuk menyukai atau membenci. Saya? Saya hanya berusaha menghormati dua kubu, tanpa harus memihak.

Anyway, yang kasih masukan soal cover Breaking Dawn sebuah majalah film (yang dicaci maki sama orang karena dianggap terlalu lebay) itu saya lho. Menyesal? Nggak tuh. Gambarnya classy dan elegan sih. Terserah mereka mau komen apa, tapi saya suka.

Leave a Reply

a lover, an adventurer, a freelancer, a life fighter, and a noodle maker

Follow Mylittlememento's Blog on WordPress.com

they see my blog

  • 46,047 orang

Goodreads

Calendar

October 2011
M T W T F S S
« Aug   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
