Mylittlememento's Blog

(#30 Hari Menulis) Don’t Put Stereotype to Other People

Posted on: October 15, 2011

Bagi orang yang cukup dekat dengan saya atau (minimal) sudah kenal saya (sedikit), pasti tahu kegilaan saya pada kopi. Yap, minuman yang berwarna cokelat ini memang surga dunia paling yahud dan murah yang saya temui. Mulai dari kopi murah (kecuali kopi tubruk dan kopi hitam ya) sampai kopi mahal, saya doyan. Mau yang sederhana banget (cuma ditabur bubuk milo) sampai dikasih topping whipped cream, cokelat cair, dan karamel di atasnya pun ayo banget. Pokoknya kalau membicarakan yang namanya kopi, I’m in.

Beberapa hari yang lalu, saya sempat membaca status teman saya. Bunyinya begini “emang kenapa kalau cewek suka kopi?”. Hmm, agak tergelitik juga saya bacanya. Orang memang terkadang heran, kenapa cewek bisa tergila-gila dengan kopi? Bagi saya sih nggak masalah, asal nggak 24 jam, 7 hari seminggu, 30 hari sebulan minum kopi terus. Sesekali diseling air putih wajib hukumnya. Selain untuk menetralisasi kafein, juga menghilangkan bekas-bekas kopi yang kalau nempel di gigi bisa bikin gigi rusak.

Pandangan meremehkan ini hampir sama dengan komentar “manis” yang pernah dilontarkan seseorang kepada saya. Intinya, saya memesan sandwich dengan kentang. Karena enak, ya otomatis saya makan sampai habis dong. Tiba-tiba saya dicolek sama orang sebelah saya dan dia bilang “lapar? kok bersih gitu?”

Saya gondok luar biasa. Sayang dia bukan teman saya, kalau teman mungkin sudah habis saya omelin. Bagi saya, menghabiskan makanan itu bukan sesuatu yang patut dipertanyakan. Sejak kecil, saya selalu diajarin untuk menghabiskan makanan dan bukan menyisakan di piring. Mungkin, orang itu punya stereotip sendiri di benaknya kalau perempuan itu makan selalu sisa. Makanya begitu ketemu sama saya dia malah heran. Sama halnya dengan pikiran “aneh kalau perempuan suka kopi.”

Yah, saya sendiri sih nggak peduli orang mau komentar apa soal kecintaan saya sama minuman yang ini. Bukan duit mereka ini yang saya gunakan untuk beli kopi.

Tags:

Leave a Reply

a lover, an adventurer, a freelancer, a life fighter, and a noodle maker

Follow Mylittlememento's Blog on WordPress.com

they see my blog

  • 46,048 orang

Goodreads

Calendar

October 2011
M T W T F S S
« Aug   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
